Sudahkah Kita Semua Mencuci Tangan dengan Benar?

Admin 11 Juni 2020 09:18:23 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id) - Pemerintah Desa Ponjong bersama mahasiswa KKN Online UGM Yogyakarta selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya Desa Ponjong pada masa pandemi Covid-19 saat ini penting bagi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya adanya cuci tangan. Saat ini cuci tangan adalah suatu kebutuhan dan kewajiban bagi masyarakat sebagai salah satu tindakan preventif atau pencegahan agar virus Covid-19 tidak menular.

Cuci tangan adalah salah satu dasar dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Cuci tangan dapat menjadi langkah awal dalam mencegah berbagai penyakit. Selain mencegah masuknya penyakit ke diri sendiri, cuci tangan juga dapat mengurangi resiko penularan dari seseorang ke sebuah komunitas. Jika dilakukan dengan efektif, maka manfaat maksimal dapat kita peroleh lewat kegiatan mencuci tangan. Pertanyaannya, sudahkah kita mencuci tangan dengan baik dan benar?

Dikutip dari laman www.cdc.gov, cuci tangan sebenarnya sangat mudah dilakukan. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan setiap kita mencuci tangan, diantaranya adalah:

  • Basahi telapak tangan dengan air mengalir;
  • Gosok kedua tangan yang sudah diberi sabun;
  • Pastikan bagian tekapak tangan, punggung tangan, sela jari, hingga bawah kuku terpapar oleh sabun;
  • Gosok tangan dengan sabun selama 20 detik, atau nyanyikan lagu Happy Birthday dua kali;
  • Bilas dengan air mengalir;
  • Keringkan dengan menggunakan handuk bersih atau tissue.

Selain itu, terdapat beberapa waktu penting dalam mencuci tangan. Waktu-waktu ini adalah saat paling riskan seseorang dapat tertular atau menularkan penyakit. Waktu tersebut antara lain: sebelum, saat, dan setelah menyiapkan makanan; sebelum makan; sebelum dan sesudah menjaga seseorang ketika sakit dengan gejala muntah dan diare; sebelum dan setelah merawat luka; setelah menggunakan toilet; setelah mengganti popok; setelah membuang ingus, bersin, atau batuk; setelah menyentuh binatang; setelah memberi makan binatang; dan setelah menyentuh benda kotor.

Selama pandemic covid-19, ada beberapa tambahan yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Mencuci tangan setelah berada di tempat umum atau ketika dirasa telah menyentuh banyak benda yang digunakan banyak orang, seperti: pegangan tangga, tombol lift, handle pintu, keranjang belanja, dll
  • Sebelum menyentuh hidung, mata, atau wajah

Kampanye hidup bersih khususnya kegiatan mencuci tangan akan membangun kita semua menjadi masyarakat yang kuat dan sehat, terutama dalam menghadapi masa pandemik seperti saat ini. Orang tua dan orang dewasa juga dapat memberi contoh yang baik bagi anak-anak mereka. Untuk memudahkan kita semua dalam mewujudkan masyarakat yang memiliki kebiasaan baik mencuci tangan, dapat dilihat di poster yang sudah dibuat sebelumnya. Silahkan download di sini dan sebarkan melalui laman media sosial demi kebaikan kita semua.

Sumber : KKN Online Mahasiswa UGM Yogyakarta by Amalia L (397795)/KKN PPM UGM Ponjong

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Ponjong

tampilkan dalam peta lebih besar