SENSUS PENDUDUK ONLINE 2020

Admin 27 Mei 2020 19:20:23 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id)- Pemerintah Desa Ponjong bekerja sama dengan mahasiswa KKN Online Universitas Gadjah Mada Yogyakarta memberitahukan kepada seluruh masyarakat Desa Ponjong bahwa dalam rangka Sensus Penduduk 2020, Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri melakukan Sensus Penduduk Online.

Pendaftaran Sensus Penduduk online akan berakhir pada 29 Mei 2020. Setiap warga Indonesia pun harus melakukan pendaftaran agar turut berkontribusi pada parameter demografi penduduk. Sensus Penduduk adalah perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Dengan melakukan sensus, tujuan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakter penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Berikut ini tata cara pengisian sensus penduduk secara online:

  1. Siapkan data kependudukan yaitu e-KTP dan KK
  2. Login ke website BPS; di alamat  htpps://sensus.bps.go.id. Kemudian, isi kolom di sebelah kanan, yakni NIK dan Nomor KK. Lengkapi juga kode akses yang tersedia di layar. Klik 'Cek Keberadaan' untuk login mengisi sensus
  3. Daftar; Setelah berhasil masuk, buat kata sandi dan pertanyaan keamanan guna memastikan akun terjamin saat pengguna lupa kata sandi. Setelah dirasa sudah aman klik 'Buat Password'
  4. Isi Sensus; dengan cara login kembali dengan kata sandi yang baru dibuat dan klik 'masuk'. Selanjutnya, baca panduan awal mengisi Sensus Penduduk online dan klik 'mulai mengisi'.
  5. Isi Pertanyaan; Isi semua pertanyaan yang tertera pada layar dengan informasi yang jujur serta ikuti semua petunjuknya. Setelah mengisi semua pertanyaan pastikan data status data setiap anggota keluarga 'sudah update' dan klik 'kirim'.
  6. Download bukti pengisian dan selesai. Pengisian sensus penduduk hanya memakan waktu sekitar 5 menit dengan data yang berasal dari KK dan KTP.

Meskipun saat ini Pemerintah gencar menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan sensus penduduk secara online, maka nantinya akan ada sensus penduduk dengan Metode Wawancara. Prosedur ini dilakukan oleh petugas sensus resmi dari BPS yang akan datang dan melakukan wawancara pada 1-31 Juli 2020.

Selamat mencoba!!!

Sumber : https://www.bps.go.id/sp2020/

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Ponjong

tampilkan dalam peta lebih besar