DESA PONJONG RASA BREBES

Admin 15 Juli 2019 17:24:10 WIB

Ponjong-Berlokasi di dusun Tembesi tepatnya sebelah selatan komplek kolam Water Byur desa Ponjong,  terlihat hamparan perkebunan bawang merah yang sekilas seperti berada di Brebes-Jawa Tengah yang identik dengan bawang merah (15/07/2019).

Penanaman bawang merah bersumber dari APBN tahun 2019 ini melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta yang kemudian dilaksanakan oleh kelompok tani Rukun Ingkang Murakapi Desa Ponjong

Hijaunya daun bawang merah yang tertata rapi sanggup membuat mata warga desa Ponjong yang melihatnya menjadi segar. Lahan yang sebelumnya setiap musim tanam selalu ditanami dengan berbagai macam jenis tanaman palawija ini sekarang disulap oleh kelompok tani Rukun Ingkang Murakapi Desa Ponjong menjadi lautan bawang merah.

Kelompok tani yang diketuai oleh bapak Saparli ini menggunakan lahan kas milik Pemerintah Desa Ponjong dengan luas lahan kurang lebih 2,5 hektar. Dengan dibantu 5 orang tenaga dari warga desa Ponjong, proses penanaman dan perawatan rutin setiap hari dilakukan dan diawasi oleh bapak Saparli sendiri. Selain memberdayakan warga, penanaman bawang merah ini merupakan inovasi baru dari Pemerintah Desa Ponjong yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh petani lain di desa Ponjong tutur salah satu petani yang ikut merawat.

Meskipun demikian masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh petani salah satunya adalah masih minimnya fasilitas untuk mengalirkan air ke titik-titik lahan yang sulit dijangkau air. Selama ini para pertani menggunakan mesin diesel air untuk mengalirkan air dari pusat penampungan. Sebenarnya air mudah didapatkan namun masih terkendala alat yang belum memadai seperti selang dan gembor. Namun alat-alat tersebut sudah mulai dipesan dan diharapkan secepatnya segera dapat dipergunakan untuk mempermudah petani melakukan penyiraman.

Terakhir para petani berharap di masa depan lahan yang digunakan untuk penanaman bawang merah ini akan diperluas oleh Pemerintah Desa Ponjong karena bawang merah adalah salah satu komoditi yang sangat menjanjikan dan perawatannya pun juga mudah. Kemudian mimpi terbesar salah satu petani yaitu nantinya desa Ponjong akan menjadi sentra pengasil bawang merah terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Ponjong

tampilkan dalam peta lebih besar